Sunday , 8 December 2019
Home » Polres Blitar » Kapolres Blitar Hadiri Rapat Paripurna DPRD

Kapolres Blitar Hadiri Rapat Paripurna DPRD

Tribratanewsblitar.net – Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto S.I.K., M.Si menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blitar  dalam rangka Penyampaian Penjelasan Bupati Blitar Terhadap Nota Keuangan RAPBD Blitar T.A. 2020 dan Penyampaian Penjelasan Bupati Blitar Terhadap Ranperda usulan dari Eksekutif Rabu (16/10)

Raperda APBD berupa nota keuangan dengan memadukan penjabaran ringkas dari sistimatika yang telah disusun berdasarkan regulasi, berisikan kondisi dan kebijakan anggaran belanja daerah, kondisi dan kebijakan anggaran pembiayaan dan program kegiatan masing-masing SKPD.

dalam penyampaiannya, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM menjelaskan sejumlah penggunaan anggaran. Seperti pendapatan daerah tahun 2020 direncanakan mencapai Rp 2,3 triliun. Kemudian kemampuan belanja daerah pada Rancangan APBD Kabupaten Blitar tahun anggaran 2020 direncanakan sekitar Rp 2,5 Triliun.

Bupati Berharap lima Ranperda itu diharapkan bisa selesai sebelum akhir tahun 2019. Karena kebutuhannya dinilai juga mendesak, seperti Perda RSUD di Srengat sebagai payung hukum dalam melakukan pengelolaan.Pungkasnya

Menanggapi penyampaian itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Abdul Munib mengatakan, Bupati Blitar telah menyampaikan lima rancangan peraturan daerah (Ranperda) usulan eksekutif pada Rapat Paripurna, Rabu (16/10).

Lima Ranperda itu diantaranya tentang penyertaan modal daerah pada perseroan terbatas BPR Jatim, RDTR dan Peraturan Zonasi bagian wilayah perkotaan Kanigoro 2017 – 2037, RDTR dan Peraturan Zonasi bagian wilayah perkotaan Sutojayan 2017 – 2037, pendirian RSUD Srengat, serta penyelenggataan sistem perlindungan anak.

Munib menuturkan, setelah fraksi-fraksi di DPRD Kabupaten Blitar menanggapi usulan itu, pihaknya akan segera membentuk anggota pansus untuk membahas lima Ranperda tersebut. Nantinya, anggota pansus akan diusulkan oleh masing-masing fraksi. Diharapkan semua mekanisme berjalan lancar, agar Ranperda bisa segera dibahas.

pembahasan nota keuangan Ranperda 2020 akan dilakukan secara marathon. Karena akhir November 2019 sudah harus ditetapkan.

Lebih lanjut munib mengatakan sesuai mekanisme akan ada beberapa proses tahapan yang akan dilalui, seperti Rapat Paripurna pandangan fraksi, dilanjutkan jawaban Bupati atas saran masukan dari fraksi, kemudian dibahas di Badan Anggaran (Banggar). Baru setelah hasil pembahasan Banggar disetujui semua anggota dewan, langkah berikutnya dikirim ke Gubernur Jawa Timur untuk mendapat evaluasi.(*)

About Admin Humas

Portal berita resmi Polres Blitar kabupaten yang sangat komprehensif, obyektif dan dapat dipercaya serta uptodate dari waktu ke waktu.

Check Also

Kapolres Blitar Hadiri Upacara Hari Pahlawan ke 74 tahun 2019

Tribratanewsblitar.net  – Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto S.I.K., M.Si menghadiri upacara peringatan Hari Pahlawan 10 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *