Saturday , 17 April 2021
Home » Uncategorized » Prosedur dan Mekanisme Penerbitan SIM SATPAS Polres Blitar

Prosedur dan Mekanisme Penerbitan SIM SATPAS Polres Blitar

 

 

Tribratanewsblitar.net. – Sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM, dijelaskan bahwa Surat Izin Mengemudi yang selanjutnya disingkat SIM adalah bukti legitimasi kompetensi pengemudi sesuai jenis dan golongan SIM yang dimilikinya setelah memenuhi persyaratan administrasi, usia, kesehatan jasmani maupun rohani, serta dinyatakan lulus melalui proses pengujian. Untuk persyaratan administrasi pengurusan SIM meliputi KTP Elektronik untuk Warga Negara Indonesia dan dokumen keimigrasian untuk Warga Negara Asing.

 

 

Sedangkan Persyaratan usia untuk penerbitan SIM sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf a, harus memenuhi ketentuan usia paling rendah:
a. 17 (tujuh belas) tahun untuk SIM A, SIM C, SIM D dan SIM DI;
b. 18 (delapan belas) tahun untuk SIM CI;
c. 19 (sembilan belas) tahun untuk SIM CII;
d. 20 (dua puluh) tahun untuk SIM A umum dan SIM BI;
e. 21 (dua puluh satu) tahun untuk SIM BII;
f. 22 (dua puluh dua) tahun untuk SIM BI umum; dan
g. 23 (dua puluh tiga) tahun untuk SIM BII umum.

Untuk persyaratan kesehatan Jasmani dibuktikan dengan surat keterangan dari Dokter rekomendasi Polri dan surat keterangan tersebut berlaku selama 14 (empat belas) hari sejak dikeluarkan. Sedangkan persyaratan kesehatan rohani dibuktikan dengan surat keterangan lulus uji psikologi dari Dokter rekomendasi Polri dan berlaku selama 6 (enam) bulan sejak diterbitkan.

 

Mekanisme penerbitan jenis SIM Baru dan atau SIM Peningkatan Golongan dilaksanakan melalui proses Registrasi, Identifikasi/Verifikasi (Foto SIM), Ujian Teori, Ujian Praktik, Pembayaran PNBP SIM, dan proses produksi SIM. Sedangkan untuk penerbitan jenis SIM Perpanjangan dan atau SIM Hilang/rusak dilaksanakan tanpa melalui proses ujian teori dan ujian praktik SIM.

 

 

Mengenai biaya penerbitan SIM di Kantor SATPAS Polres Blitar sudah dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di lingkungan Polri. Pembayaran PNBP SIM di Kantor SATPAS Polres Blitar dilaksanakan dan diterima langsung oleh petugas Bank BRI Cabang Blitar. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan pelayanan publik yang bersih dari percaloan dan untuk menghindari kemungkinan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh oknum petugas pelayanan. Sehingga pelayanan penerbitan SIM di Kantor SATPAS Polres Blitar dapat berjalan secara professional, transparan dan akuntabel.

About Admin Humas

Portal berita resmi Polres Blitar kabupaten yang sangat komprehensif, obyektif dan dapat dipercaya serta uptodate dari waktu ke waktu.

Check Also

Polda Jatim Bongkar Pembuat dan Pengedar Scampage/ Website Palsu Mencairkan Dana PUA Warga AS

  SURABAYA,- Tim Siber Ditreskrimsus Polda Jatim bongkar perkara pembuatan dan penyebaran Scampage/website palsu yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *